Selamat Datang di Blog ini. Semoga anda dapat menikmati informasi yang ada di dalamnya dan bermanfaat bagi anda
:: Perhimpunan Nasional ::
 
Ø   LAMBANG
Sebelum lambang gerakan diadopsi, setiap pelayanan medis kemiliteran pasti memiliki lambang tersendiri. Karena banyaknya lambang ini menimbulkan akibat yang tragis, sebab lambang yang mereka pakai itu bukan lambang universal serta dipandang sebagai suatu hal yang netral.

Ø   MACAM LAMBANG
1.             Lambang Palang Merah
Tahun 1863 diadakan konferensi internasional di Jenewa dan mengadopsi lambang palang merah di atas dasar warna putih sebagai tanda pengenal perhimpunan nasional palang merah yang merupakan kebalikan dari bendera Swiss. Lambang ini sebagai bentuk penghormatan kepada negara Swiss.
2.             Lambang Bulan Sabit Merah
Adanya lambang ini bermula dari pihak tentara Muslim yang menganggap bahwa lambang palang merah ada hubungannya dengan simbol agama. Oleh karena itu ada yang mengusulkan untuk menambah bentuk lambang. Pada konferensi 1929 disahkanlah lambang bulan sabit merah sebagai lambang yang sederajat dengan palang merah.
3.             Lambang Kristal Merah
Tahun 2005 lambang kristal merah diadopsi sebagai lambang alternatif. Apabila di suatu negara terjadi konflik/bencana/perang, maka negar-negara yag menggunakan lambang bulan sabit merah atau palang merah, ICRC atau IFRC dapat menggunakan lambang ini untuk melaksanakan tugas kepalangmerahan di daerah tersebut.

Ø   “Lambang Palang Merah, Bulan Sabit Merah, dan Kristal Merah ditetapkan sebagai tanda perlindungan dan setiap negara hanya boleh menggunakan satu lambang saja.”



Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar


  • My Time



    FOLLOWERS

    Powered By Blogger

    Bagaimana Kinerja PMR Wira 271 Pacitan menurut Anda?